Kutipan Langsung dan Tidak Langsung




Kutipan Langsung, tidak mengalami perubahan teks yang hendak dikutip. Terdapat penggunaan tanda titik berspasi yang berjumlah 3 buah(. . .) dibagian kutipan yang dihilangkan.

Kutipan Tidak Langsung, mengalami perubahan pada teks yang dikutip,tidak ada perubahan ide pikiran dari teks yang dikutip. Disampaikan dengan gaya bahasa dan pemahaman penulis terhadap kutipan yang ditampilkan. 

Contoh Kutipan Langsung kurang dari empat baris :
-Menurut Sabana ( 2016 : 1 ) menyatakan bahwa “Ilmu Ekonomi dapat didefinisikan sebagai studi yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat membuat pilihan menggunakan sumber yang terbatas, dengan cara alternative terbaik untuk memenuhi keinginan manusia yang relative tidak terbatas”.

Contoh Kutipan langsung yang lebih dari empat baris :
-Sehubungan dengan ilmu ekonomi,maka didalamnya terdapat teori ekonomi seperti yang diungkapkan Sabana berikut. “Teori ekonomi adalah cabang ilmu ekonomi yang menjelaskan hubungan variable-variable ekonomi.Teori ekonomi dibagi kedalam ekonomi mikro dan ekonomi makro. Ekonomi Mikro adalah ekonomi yang mempelajari perekonomian pada unit-unit individu seperti perusahaan dan rumah tangga. Ekonomi Mikro menganalisis bagaimana perilaku perusahaan dalam mengalokasikan faktor-faktor produksi, upaya perusahaan 8menyeluruh, pertumbuhan ekonomi,kestabilan harga dengan alat analisis utama pendapatan nasional” ( Sabana,2016 : 2 )

Contoh Kutipan tak Langsung :
Menurut Lipsey(1998) Ilmu Ekonomi dapat didefisikan sebagai perilaku individu dan masyarakat untuk menggunakan sumber-sumber yang terbatas( dengan atau tanpa uang ), dengan cara alternative terbaik untuk mendapatkan sesuatu yang tidak terbatas.

Comments

Popular Posts